CERITA RAKYAT, LARI DAN KECEPATAN

(Mempelajari hubungan antara jarak, waktu dan kecepatan ) 

Banyak cara yang dapat dilakukan agar pembelajaran matematika disukai oleh siswa. Salah satu cara yang efektif yaitu melalui cerita rakyat (baca: mendengarkan cerita) . Berdasarkan pengalaman kami saat melakukan observasi di SD Xaverius 1 Palembang, siswa sangat aktif dalam mempelajari matematika melaui aktivitas langsung dan cerita rakyat.  Pada saat itu kami  mendesain materi pembelajaran dalam aktivitas yang langsung dialami sendiri oleh siswa melalui kegiatan berjalan dan berlari. Tidak hanya itu, kamipun mengemas materi dalam bentuk Cerita Rakyat yang familiar dalam kehidupan anak-anak yaitu “ Lomba Lari Kancil dan Kura-Kura . Tentu saja, hal ini kami lakukan sesuai dengan salah satu karakteristik PMRI yang menekankan penggunaan masalah atau soal-soal konkret yang ada dalam pikiran siswa itu sendiri atau masalah kontekstual yang dekat dengan siswa. Melalui masalah realistik sebagai titik awal proses pembelajaran diharapkan dapat mendorong siswa berfikir aktif sejak awal dan siswa sendiri menemukan konsep yang akan dipelajari. Guru hanya sebagai guide/fasilitator saja. Diharapkan siswa mampu menemukan sendiri hubungan antara jarak, waktu, dan kecepatan dari masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pendekatan PMRI yang merupakan adaptasi pendekatan RME dari Belanda. download pembelajaran kecepatan dan jarak kelas 5 SD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s