Program Beasiswa Penataran Guru ke Jepang

Kesempatan emas meraih beasiswa non gelar ke Jepang terbuka untuk para guru di seluruh wilayah Indonesia. Kedutaan Besar Jepang kembali menawarkan beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho) bagi para guru Indonesia. Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa yang dirancang khusus bagi para guru yang ingin meningkatkan kualitas pengajaran dan memperdalam bidangnya. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa jepang) dan akan dimulai pada bulan Oktober 2012.

Kandidat yang bisa mendaftar dalam program ini haruslah berusia di bawah 35 tahun pada 1 April 2012, lulus S-1 atau D-4 dan guru SD-SMA di sekolah negeri dan swasta. Guru yang berhak mendaftar harus mengajar lebih dari lima tahun di lembaga pendidikan formal. Semua bidang ditawarkan kecuali, bahasa Indonesia, bahasa Daerah, bahasa Arab, pendidikan agama dan perhotelan. Kandidat harus bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Bagi yang berminat, dokumen pendaftaran paling lambat diterima pada 27 Januari 2012. Formulir pendaftaran dan informasi lebih lanjut bisa mengaksesnya di lamanhttp://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html.

Atau dapat diperoleh di Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Denpasar, Medan, dan Konsuler Jepang di Makassar. Keterangan lebih lanjut soal program ini dapat diperoleh di Kedubes Jepang bagian pendidikan di nomor 021-31924308 ext 175-176.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s